Piaget (Suparno, 1997: 14) membedakan adanya tiga macam pegetahuan: (1) pengetahuan fisis, (2) matematis-logis dan, (3) sosial.Pengetahuan yang akurat tidak dapat diturunkan langsung dari membaca atau mendengarkan orang bicara.Sehingga yang terpenting pada pembentukan pengetahuan itu adalah tindakan atau kegiatan siswa terhadap suatu benda dan interaksi dengan orang lain dalam hal ini dimungkinkan pada pembelajaran kooperatif dengan menggunakan alat peraga. Dengan demikian faktor-faktor sosial sangat penting dalam perkembangan intelektual siswa. Piaget (dalam Wijayanti, 2000: 17) mengatakan lingkungan sosial siswa sebelum tingkat operasional konkrit tidaklah berbeda secara essensial dari lingkungan fisik, tetapi dalam tahap operasional konkrit dan khususnya tahap operasional formal peran lingkungan sosial bagi perkembangan intelektual siswa menjadi penting. Peran tersebut terlihat dalam bentuk saling bertukar pendapat dengan teman-temannya, mendiskusikan pendapat masing-masing, serta pengambilan konsensus sosial.
Manfaat teori Piaget dalam pembelajaran menurut Slavin (dalam La Masi, 2002: 21) adalah sebagai berikut:
- Pembelajaran berpusat pada proses berpikir atau proses mental, tidak hanya mementingkan pada hasil.
- Pembelajaran mengutamakan peran siswa yang berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif. Di dalam kelas penyajian pengetahuan tidak mendapat penekanan, melainkan anak didorong menemukan sendiri pengetahuan itu melalui interaksi spontan dengan lingkungannya.
- Memaklumi adanya perbedaan individu dalam hal kemajuan perkembangan. Teori Piaget mengasumsikan bahwa seluruh siswa tumbuh melewati urutan perkembangan yang sama, namun pertumbuhan itu berlangsung pada kecepatan yang berbeda.
Implikasi dari teori Piaget dalam pembelajaran kooperatif adalah :
- Memusatkan perhatian pada proses berpikir pada atau proses mental anak, bukan sekedar pada hasilnya.
- Menekankan pada pentingnya peranan siswa dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatannya secara aktif dalam pembelajaran. Anak didorong menemukan sendiri melalui interaksi dengan lingkungannya.