Langsung ke konten utama

Pembelajaran menurut Teori Piaget

Piaget  (Suparno, 1997: 14)   membedakan   adanya   tiga   macam  pegetahuan: (1) pengetahuan fisis, (2) matematis-logis dan, (3) sosial.Pengetahuan yang akurat tidak dapat diturunkan langsung dari membaca atau mendengarkan orang bicara.Sehingga yang terpenting pada pembentukan pengetahuan itu adalah tindakan  atau kegiatan siswa terhadap suatu benda dan interaksi dengan orang lain dalam hal ini dimungkinkan pada pembelajaran kooperatif dengan menggunakan alat peraga. Dengan demikian faktor-faktor sosial sangat penting dalam perkembangan intelektual siswa. Piaget (dalam Wijayanti, 2000: 17) mengatakan lingkungan sosial siswa sebelum tingkat operasional konkrit tidaklah berbeda secara essensial dari lingkungan fisik, tetapi dalam tahap operasional konkrit dan khususnya tahap operasional formal peran lingkungan sosial bagi perkembangan intelektual siswa menjadi penting. Peran tersebut terlihat dalam bentuk saling bertukar pendapat dengan teman-temannya, mendiskusikan pendapat masing-masing, serta pengambilan konsensus sosial.  

Manfaat teori Piaget dalam pembelajaran menurut Slavin (dalam La Masi, 2002: 21) adalah sebagai berikut:
  1. Pembelajaran berpusat pada proses berpikir atau proses mental, tidak hanya mementingkan pada hasil.
  2. Pembelajaran mengutamakan peran siswa yang berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif. Di dalam kelas penyajian pengetahuan tidak mendapat penekanan, melainkan anak didorong menemukan sendiri pengetahuan itu melalui interaksi spontan dengan lingkungannya.
  3. Memaklumi adanya perbedaan individu  dalam hal kemajuan perkembangan. Teori Piaget mengasumsikan bahwa seluruh siswa tumbuh melewati urutan perkembangan yang sama, namun pertumbuhan itu berlangsung pada kecepatan yang berbeda.


Implikasi dari teori Piaget dalam pembelajaran kooperatif adalah :
  1. Memusatkan perhatian pada proses berpikir pada atau proses mental anak, bukan sekedar pada hasilnya. 
  2. Menekankan pada pentingnya peranan siswa dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatannya secara aktif dalam pembelajaran. Anak didorong menemukan sendiri melalui interaksi dengan lingkungannya. 


Postingan populer dari blog ini

Prinsip utama pembelajaran menurut Teori Vygotsky

Menurut Slavin (dalam Murdiana, 2002: 21-22) Teori Vygotsky menekankan pada empat prinsip utama dalam pembelajaran, yaitu:  (1) the sociocultural nature of learning, (2) zone of proximal development, (3) cognitive apprenticeship, dan (4) scaffolding. Prinsip pertama the sociocultural nature of learning menurut Vygotsky menekankan pada pentingnya peran orang dewasa atau teman sebaya yang lebih mampu dalam belajar. Vygotsky menyarankan untuk menggunakan kelompok-kelompok belajar dengan kemampuan anggota kelompok yang berbeda-beda untuk mengupayakan perubahan konseptual. Penggunaan prinsip sosiokultural dalam pembelajaran kooperatif terlihat pada tahap kegiatan kelompok(fase-3 dan pelaksanaannya dapat dilihat pada rencana pembelajaran. Pada tahap kegiatan kelompok akan terjadi interaksi sosiokultural antar anggota kelompok yang berbeda dalam kemampuan akademis, latar belakang sosial budaya, dan tingkat emosional Prinsip kedua zone of proximal development menurut Vygotsky adal...

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai beberapa keuntungan dan kelamahan. Kuswadi (2004:37)menyebutkan beberapa keuntungan dan kelemahan dari  pembelajaran kooperatif  tipe STAD. Beberapa keuntungannya antara lain: Setiap anggota kelompok mendapat tugas Adanya interaksi langsung antar siswa dalam kelompok Melatih siswa mengembangkan keterampilan sosial (social skill) Membiasakan siswa menghargai pendapat orang lain Meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dan berbuat, sehingga kemampuan akademiknya meningkat Memberi peluang kepada siswa untuk berani bertanya dan mengutarakan pendapat Memfasilitasi terwujudnya rasa persaudaraan dan kesetiakawanan Terlaksananya pembelajaan yang berpusat pada siswa, sehingga waktu yang tersedia hampir seluruhnya digunakan oleh siswa untuk kegiatan pembelajaran Memberi peluang munculnya sikap-sikap positif siswa Adapaun beberapa kelemahan dari pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah: Dalam pelaksanaan di kelas, membutu...

Langkah-langkah Pembelajaran Pembelajaran Matematika Realistis (PMR)

Prinsip utama PMR dijabarkan menjadi karakteristik-karakteristik PMR. Selanjutnya, dalam pembelajaran diperlukan langkah-langkah operasional. Berdasarkan pengertian, prinsip utama dan karakteristik PMR sebagaimana yang telah diuraikan, maka dalam penelitian ini dirancang langkah-langkah (kegiatan) inti dalam pembelajaran matematika realistik, yaitu: Langkah 1: Memahami masalah kontekstual Guru memberikan masalah (soal) kontekstual dan meminta siswa untuk memahami masalah tersebut. Jika ada bagian-bagian tertentu yang kurang atau belum dipahami sebagian siswa, maka siswa yang memahami bagian itu diminta menjelaskannya kepada kawannya yang belum paham. Jika siswa yang belum paham tadi merasa tidak puas, guru menjelaskan lebih lanjut dengan cara memberi petunjuk-petunjuk atau saran-saran terbatas (seperlunya) tentang situasi dan kondisi masalah (soal). Petunjuk dalam hal ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa untuk memahami masalah (soal), seperti: “Apa yang diketa...