Beberapa kelebihan pembelajaran kooperatif dikemukakan oleh Slavin (1995: 12) yaitu:
- Siswa bekerjasama dalam mencapai tujuan dengan menjunjung tinggi norma-norma kelompok
- Siswa aktif membantu dan mendorong semangat untuk sama-sama berhasil.
- Aktif berperan sebagai tutor sebaya untuk lebih meningkatkan keberhasilan kelompok.
- Interaksi antar siswa seiring dengan peningkatan kemampuan mereka dalam berpendapat.
- Interaksi antar siswa seiring juga membantu meningkatkan perkembangan kognitif yang konservatif menjadi non konservatif.
Dari pendapat di atas yang perlu digarisbawahi adalah pembelajaran kooperatif membuat: (1) sikap apatis berkurang, (2) pemahaman yang lebih mendalam, (3) motivasi yang besar siswa, (4) hasil belajar lebih tinggi, (6) retensi lebih lama, (6) meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi. Secara khusus kelebihan pembelajaran koperatif dengan pendekatan struktural numbered heads together (NHT) adalah membantu guru mengecek pemahaman siswa tentang informasi dan fakta yang sederhana.
Selain kelebihan tersebut, penerapan pembelajaran kooperatif juga mempunyai kelemahan-kelemahan, yaitu:
- Ditinjau dari sarana kelas, jika kelas tersebut hanya dibuat untuk pembelajaran kooperatif maka setiap kali pertemuan harus mengatur tempat duduk sehingga suasana kelas akan menjadi gaduh dan waktu yang tersedia untuk jam pelajaran matematika semakin berkurang.
- Apabila banyak siswa dalam kelas besar maka guru akan mengalami kesulitan untuk membimbing siswa yang membutuhkan bimbingan.
Untuk mengatasi kelemahan di atas, pada pertemuan pertama setelah mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar dan siswa menempati tempat duduknya masing-masing, guru perlu menginformasikan kepada siswa bahwa untuk pertemuan selanjutnya diharapkan siswa dapat menempati tempat duduk sesuai kelompoknya masing-masing seperti yang telah diatur pada pertemuaan ini. Dengan demikian pada pertemuan selanjutnya guru tidak lagi mengatur tempat duduk, sehingga waktu untuk jam pelajaran matematika lebih efisien.
Adapun kelemahan penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural numbered heads together (NHT) adalah informasi atau fakta yang sulit tidak cocok untuk NHT karena membutuhkan waktu yang lama.